Tuesday, July 12, 2011

LBT#7 Cotton Roll Cake

Cotton Cake atau biasa juga disebut dengan Cotton Sponge Cake atau Cotton Soft Cake (atau orang Malaysia biasa menyebutnya dengan Kek Kapas) adalah salah satu jenis cake yang mempunyai tekstur yang lembut, empuk dan ringan seperti kapas. Itulah mengapa disebut cotton (kapas).

Cotton cake dibuat enggunakan teknik foaming method yang hampir mirip dengan metode pembuatan chiffon cake. Tetapi berbeda dalam pembuatan adonan pastanya. Dalam pembuatan cotton cake, adonan pasta dimasak/dipanaskan terlebih dahulu dan harus dijaga tetap hangat saat akan dicampurkan dengan kocokan putih telur, agar adonan tetap kental bagus dan putih telur tidak mudah mencair saat dicampurkan dengan adonan pasta.

Cotton cake mempunyai pori-pori cake yang rapat dan halus, tekturnya lembut sekali apalagi jika dipanggang dengan cara au bain marie (steam bake). Akan tetapi jika mau langsung memanggangnya dengan langsung tanpa au bain marie bisa saja dilakukan, tetapi teksturnya lebih lembut jika dipanggang dengan au bain marie. Hasilnya lebih maknyusss… ;)


Orange Cotton Roll Cake
:: Penulis : Fatmah Bahalwan
 
•    Bahan A.:
350 gr  putih telur
200 gr  gula pasir
•    Bahan B.:
10 btr   kuning telur
2 btr     telur utuh
120 gr  susu segar
30 gr    whipped cream
1 sdt     vanili
•    Bahan C.:
120 gr  tepung terigu
120 gr  mentega
•    Bahan D.: aku ga pakai, gantinya pasta talas
1 sdm   pasta orange
1 sdm   pasta coklat BF

Cara membuatnya:
1.    Siapkan 2 bh loyang 30x20x4cm, poles mentega dan lapisi kertas roti, poles lagi.
2.    Siapkan Butter Cream, jeruk mandaring kaleng dan kertas roti untuk menggulung.: aku ga pakai, gantinya selai blueberry
3.    Kocok bahan A hingga kaku, sisihkan.
4.    Bahan B : panaskan susu dan whipped cream tidak boleh mendidih, masukkan telur, dan vanili aduk rata dengan balloon whisk, sisihkan, jaga tetap hangat.
5.    Bahan C : lelehkan mentega, masukkan tepung terigu sekaligus, aduk rata hingga menjadi adonan pasta.
6.    Satukan adonan B dan C, aduk rata, beri adonan putih telur secara bertahap sambil diaduk hingga rata dan ringan.
7.    Ambil 200 gr adonan, beri pasta coklat BF, aduk rata masukkan kedalam piping bag.
8.    Ambil lagi 150 gr adonan, beri pasta orange, aduk rata, masukkan kedalam piping bag.
9.    Tuang sisa adonan kedalam loyang, buat motif dari adonan coklat dan orange.
10.    Panggang dalam oven steam bake selama lk. 45 menit dengan suhu 180’C.
11.    Angkat, dinginkan. Balikkan diatas kertas roti, beri filling butter cream dan jeruk mandarin kaleng, lalu gulung dan kencangkan. Hias sesuai selera

Emang hasilnya lembut banget bagai kapas dan nurut waktu digulung

Kunci sukses membuat Cotton Cake yang harus diperhatikan:
1.       Untuk hasil yang lebih lembut, gunakan terigu protein rendah/cake four/soft flour (kalau di Indonesia merk Kunci Biru). Akan tetapi tidak masalah jika mau menggunakan terigu protein sedang/all purpose flour (merk Segitiga Biru).
2.       Pada saat membuat adonan pasta, masukkan terigu ke dalam butter/margarine dan susu cair (bila pakai) yang masih panas. Kemudian masukkan kuning telur ke dalam adonan pasta dalam keadaan masih hangat. Jaga adonan pasta ini agar tetap hangat. Salah satunya dengan merendam adonan ini di dalam air panas (bukan mendidih) selama kita mempersiapkan kocokan putih telur.
3.       Kocok putih telur cukup sampai mengembang SOFT PEAK, yaitu sudah mengembang tetapi masih lembut, tidak berpori dan masih bisa jatuh kembali ke baskom bila kepala mixer diangkat. Biasanya pada kocokan putih telur yg ada di baskom akan membentuk puncak-puncak tumpul dan lemas bila kepala mixer diangkat.
Jangan kocok putih telur sampai kaku HARD PEAK dan kering serta berpori kasar. Apabila putih telur terlalu kaku dan kering, adonan putih telur akan mudah ‘pecah’ saat dicampur dengan adonan pasta dan sulit untuk disatukan. Dan juga akan membuat cake yang dihasilkan mengembang sekali sewaktu dioven, tetapi kempis dan turun drastis saat keluar oven. Juga membuat permukaan cake mudah sekali pecah/retak saat dipanggang.

1 comment:

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.