Wednesday, May 25, 2011

Demo Collata @Grand City Surabaya

Semuanya berawal dari ajakan c'Shirley, NCC Surabya mendapat undangan dari Collata untuk menghadiri demo di Grand City . Karena aku pemakai setia product ini terutama coklat dan whipping cream bubuk plus hubby bisa nganter dan acaranya di mall jadi bisa ajak pasukan lengkap. Sebenarnya kalo menurut jadwal, demo dimulai jam 1 sampai jam 2. Pas aku datang, which is, udah sekitar setengah 2, ternyata acara belum mulai dan pihak collata masih mempersiapkan acara. Padahal NCCers sudah banyak yang datang dan mulai kasak kusuk... Ya masukan mudah2an kedepannya acara bisa mulai tepat waktu.

Sekitar jam 2, acara dimulai. Resep pertama yaitu membuat black forrest pakai premix. Kalo NCCers ya pastilah sdh gape apalagi kalo pake premix. Resepnya dan tata caranya sdh ada dikemasan. Diseason ini ada pertanyaan menarik dari m'Tjita, yang menanyakan seandainya adonan pas dimixer trus mati lampu, solusinya bagaimana. Nah chef Deny dari collata menyarankan untuk balck forest memang sebaiknya adonan harus dimixer karena pada dasarnya black forrest adalah sponge cake yang memerlukan adonan yang naik mengembang. Sedangkan untuk brownies kukus, bisa dilanjutkan dengan pengocokan pake tangan. Selanjutnya datang pertanyaan dari mamanya Nadira, yang menanyakan seandainya adonan dioven (bukan dikukus) bisa atau tidak. Jawabannya bisa saja, tapi hasilnya pendek (cuma 1/5 cm). Jadi disarankan adonan dibagi-bagi ke 3 loyang.

Lanjut resep berikutnya adalah puding premix. Cara pemakaiannya juga ada dikemasan. Asemblingnya berupa sponge cake-puding-sponge cake. Si chef juga memberikan tips2 diantaranya puding didinginkan dulu setengah set sebelum dituang ke cake, tidak boleh dituang panas panas. Dan cake lebih bagusnya diberi simple sirup supaya moist dan rasa dari pudik ke cake akan lebih blend.

Tidak lupa, chef Deni juga memberikan trik membuat hiasan dari coklat seperti coklat gulung dan coklat mie. M'Tjita jadi volunteer mencoba membuat coklat gulung bersama dengan si chef.  Nah diseason ini aku mengajukan pertanyaan tentang coklat putih, yaitu kenapa sisa coklat yang telah disimpan kurleb 3 minggu ditempat rapat, pas waktu dicairkan kok ga bisa cair dengan baik akisa mengumpang. Solusinya adalah dengan memastikan kemasan benar2 rapat dan diusahakan kalau bisa tidak perlu disimpan terlalu lama.

Resep berikutnya adalah membuat cup cake memakai premix. Tapi sayang sekali karena keterbatasan ga ada oven, resep ini tdk didemokan, hanya ditunjukkan hasil jadinya. Diakhir acara, aku sempat mencoba, rasanya lumayan enak lho. Nah yang ga kalah seru adalah didemokan cara menghias cup cake dengan choc mod berbentuk kodok dan cookies monster. Kebetulan aku dan m'Heppy menjadi volunteer dalam menghias.

Acara selesai sekitar setengah lima. Khusus NCCers dapat goodie bag khusus. Lumayan pulang bawa oleh2 produk collata yagn siap diuji coba. Tdk lupa ketemu m'Inna dan sukses membawa roti maryam dan roti tawar yang terkenal itu.

Thanks to all NCCers Surabaya specially untuk m'July yang sudah mengkoordinir dengan baik...

No comments: