Wednesday, March 31, 2010

KBB#16: Chiffon Cake


Sebenarnya dah lama banget pengen belajar bikin chiffon. Berhubung banyak kendala (baca: malas.com), akhirnya baru kesampaian KBB#16 ini. Hukumnya wajib, ga boleh mangkir lagi. Hehe. Jadul banget, aku anggota KBB lho, tapi ga ngerjakan tugas apalagi sejak hamil muda, baking blue stadium parah sampai anaknya gede :).

Loyang chiffon yang aku punya, ukuran 22 yang dibeli saat Tdt Toko 8 (kira-kita 2 tahun yang lalu kali ya), masih ada label harganya Rp 14.700 (saking ga pernah nih loyang diberdayakan). Waktu itu, semua orang bilang, "ini loyang yang ok banget buat bikin chiffon, praktis Rit, kudu beli", berhubung penasaran akhirnya aku beli. Tapi setelah baca resepnya, kok kayanya susah ya. Belum lagi dibalikin di mulut botol, ga ada gambaran sama sekali deh.. tahun demi tahun berlalu (ceileh) akhirnya kubuat juga chiffon perdanaku ini.



Setelah bikin, ternyata oh ternyata... ga sesusah yang dibayangkan. emang sih loyangnya rada bocor dikit (walau udah dipanaskan dulu). Oh iya, ada kejadiannya yang bikin aku rada panik, waktu ngocok putih telur, ga ngembang bagus karena pada standing mixer. Setelah itu secepat kilat aku ganti pakai hand mixer. Alhamdulillah kue naik - aku dah deg-degan - kirain bantat.

Menurut aku rasanya enak (ya iyalah, yang bikin gitu lho-tapi Nuha anakku juga suka dan bilang enak). Setelah aku kasih tester ke ibu & adik-ku, mereka bilang kurang nyepon.. Maksudnya teksturnya kurang halus. Mungkin ini karena ga pake baking powder & soda kue kali ya?
Soalnya setiap baking aku berusaha menghindari bahan-bahan aditif supaya sehat buat anak-anak. Jadi penasaran pengen bikin chiffon pandan yang hmmm wanginya itu lho... dah kecium dari sekarang hehe

Chiffon Keju

Source: Seri Masak Femina Primarasa - Cake Istimewa Semua Yummy

Bahan:
150 g terigu protein rendah, ayak
100 g keju cheddar, parut
1/2 sdt soda kue :  ga pakai
1 sdt baking powder :  ga pakai
1/2 sdt garam
100 g gula kastor :  pakai Gulaku putih
100 ml minyak goreng
100 ml susu cair
5 kuning telur (dari telur @ 70 g)
7 putih telur (dari telur @ 70 g)
1/2 sdt cream of tartar -> ga pakai

Olesan dan  Taburan: ga pakai
200 gr mentega/margarine
200 gr keju cheddar, parut

Cara Membuat:
1.. Panaskan oven pada 180 derajat Celcius. Siapkan loyang chiffon diameter 24 cm. Jika ada, gunakan loyang chiffon berkaki. Jangan olesi bagian dalamnya dengan minyak/margarin.
2.. Campur terigu dengan keju parut, soda kue, baking powder, garam, dan 2 sdm gula kastor, aduk rata. Buat lubang di tengah campura tepung, tuangi minyak goreng, susu dan kuning telur. Aduk dengan pengocok kawat hingga licin, sisihkan.
3.. Kocok putih telur dengan mikser berkecepatan sedang hingga berbusa, masukkan cream of tartar dan sisa gula dalam beberapa tahapan. Kocok hingga putih telur membentuk ujung yang tumpul waktu mikser diangkat.
4.. Masukkan putih telur dalam beberapa tahapan ke dalam adonan tepung, aduk perlahan hingga rata. Perciki bagian dalam loyang dengan air masak
5.. Tuang adonan ke dalam loyang. Masukkan dalam oven, panggang hingga matang (lk 75 menit). Tandanya tidak ada sisa adonan yang menempel ketika ditusuk dengan lidi. Keluarkan kue dari oven, segera balikkan loyang hingga kue benar-benar dingin (lk 1 1/2 jam). Keluarkan kue dari loyang dengan bantuan spatula/pisau panjang.
6.. Balikkan kue di rak kawat, balik sekali lagi ke piring saji sehingga bagian atas kue tetap di atas. Olesi seluruh permukaan kue dengan mentega/margarin, lalu taburi keju parut.

Note from Riana:
a.. Kehalusan tekstur chiffon cake ditentukan antara lain oleh pengadukan yang sempurna. Aduk balik putih telur dan adonan tepung hingga rata dan homogen. Jika masih ada putih telur yang tidak tercampur dengan baik, akan menimbulkan lubang besar pada chiffon cake, menjadikan tekstur kurang halus.
b.. Setelah adonan dituang ke loyang, banting/hentakkan perlahan loyang ke atas meja untuk mengeluarkan udara berlebihan dalam adonan.
c.. Don't expect strong cheese flavor.
d.. Jangan buka oven sebelum waktu pemanggangan selesai. Jika betul-betul perlu (untuk mengecek kematangan), oven boleh dibuka sedikit setelah paling tidak 3/4 waktu pemanggangan.
d.. Lepaskan kue dari loyang menggunakan pisau tipis panjang. Jalankan pisau di sekeliling loyang dengan gerakan lurus. Jangan membuat gerakan ke atas dan ke bawah, pinggiran kue akan berantakan.

Updated :
Bulan ini emang bulan chiffon banget. Setelah penasaran dengan chiffon perdana, aku melanjutkan dengan chiffon pandan, chiffon coklat, chiffon wortel dan chiffon orea. Off course masih pengen nyoba chiffon ketan hitam, chiffon capucino, chiffon stawberry, chiffon kacang wuih... tergila-gila sama chiffon....
Resep chiffon pandan & oreo menyusul ya

Chocolate Chiffon Cake
Resep : PrimaRasa (modified by kue bubun)

Bahan A:
40 g coklat bubuk
150 ml air panas
150 g terigu rendah protein, ayak
300 gr gulaku
70 ml minyak goreng
5 kuning telur

Bahan B:
5 putih telur
1-1/2 sdt garam

Cara membuat
1. Campur terigu, 2 sdm gula kastor, aduk rata. Buat lubang di tengahnya, tuang minyak goreng, kuning telur, larutan coklat. Aduk dengan pengocok kawat hingga licin, sisihkan.
2. Kocok putih telur dengan mikser kecepatan tinggi hingga berbusa, tambahkan garam. Lanjutkan mengocok sambil masukkan gula sedikit demi sedikit, kocok sampai putih telur membentuk ujung tumpul waktu mikser diangkat.
3. Masukkan putih telur dalam 3-4 tahapan ke dalam adonan tepung-coklat, aduk dengan pengocok kawat/spatula hingga rata.
4. Tuang adonan ke dalam loyang, oven 60 menit
5. Setelah matang, balikkan kue bersama cetakan di atas botol. Setelah dingin, keluarkan kue.

Chiffon Cake Wortel

Resep : PrimaRasa (modified by kue bubun)

BAHAN A :
5 kuning telur
150 gram tepung terigu
100 gr wortel import -> parut
100 ml air wortel dari 100 gr wortel
100 ml minyak goreng

BAHAN B:
5 putih telur
¼ sendok teh garam
100 gram gula pasir

CARA MEMBUAT:
1. Aduk bahan A secara perlahan lalu sisihkan.
2. Kocok putih telur dan garam dengan kecepatan sedang. Masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga kaku.
3. Masukkan putih telur ke dalam adonan kuning telur, aduk perlahan.
4. Tuang adonan ke dalam loyang chiffon 22 cm lalu oven selama 60 menit.
5. Setelah matang, balikkan kue bersama cetakan di atas botol. Setelah dingin, keluarkan kue.

Ini tanda lulus-nya dengan bangga aku pajang :

2 comments:

sherry andriani said...

enak kok, heheh, nuha suka buktinya...:D.

Rita Desyanti said...

kalo si nuha sih suka mbak, emang fav kita. Sudah nyoba?